Senin, 18 Juni 2012

Contoh Sambutan Perpisahan SMP MTs SMA MA


MTs Mathla’ul Anwar Rantau Bujur Hilir Alabio
SAMBUTAN SISWA MENINGGALKAN

Alhamdulillah , kiranya hanya itu yang dapat kita panjatkan kepada Allah tuhan Semesta alam  karena dengan rahmatnya kita diperkenankan untuk berjumpa walaupun dengan kehendaknya pula kita di takdirkan untuk berpisah
Yah…….
          Berpisah dalam artian zahir, berpisah dalam canda tawa ,sedih dan gembira yang telah lama membaur dalam nuansa kebersamaan kita .
          Salawat dan salam tak lupa kita tuturkan keharibaan junjungan kita , Al-amin, penyeru kebajikan , penakluk kezaliman, penyabar walau  bertubu-tubi didera cobaan “ berpisah dan berpisah “ dengan orang –orang yang dicintai,  beliaulah Rasulullah Muhammad SAW.

          Kawan-kawan ,rekan siswa sekalian.
          Sudah sekian lamanya kita dalam satu kebersamaan dan Sekian itu pula kita dihadapkan pada berbagai romantika dan problematika kehidupan sekolah yang terkadang membuat kita pusing . Kadang kita hampir ambruk tatkala menghadapi tumpukan tugas yang menggunung, kadang kita harus mengekang keinginan-keinginan kita yang berbenturan aktivitas belajar kadang kita merasa di kejar waktu hingga membuat kita keteter dan jantungan. namun itu semua adalah perjuangan . Perjuangan untuk meraih keinginan  kita menuju masa depan yang  gemilang  hanya orang yang mau berjalan dikegelapan  yang akan dapat menyaksikan  binyang yang terang .

          Berat reasanya kaki  ini melangkah. melangkah untuk meninggalkan tempat yang telah mempersembahkan sejuta kenangan  indah , meninggalkan orang-orang yang telah mengisi hati dan jiwa kita dalam satu ikatan persahabatan dan persaudaraan tapi hukum alam yang kiranya mengharuskan kita berpisah tak akan mungkin dapat kita tentang namun yang pasti ada satu harapan semoga dengan hukum alam pula kita  akan dipertemukan kembali.

          Disatu sisi kita gembira .Gembira… Karena telah menyelesaikan satu tahapan penting perjuangan.Namun di sisi lain jauh di relung hati yang paling dalam meniggalkan  kesedihan , kepedihan , keharuan  yang mungkin hanya bisa terungkap dalam satu tetes bening dimata kita yang hanya bisa terungkap dalam satu untaian kata mesra “ Selamat berpisah”. 
 terima kasih Ya rabb ……………..
          Terima kasih abah, mama
          Terimakasih bapak ibu guru kami……………
          Yang telah menjadikan kami pribadi yang bisa berfikir  , menjadikan insan yang mampu berperan dalam kehidupan  , titik peluh dan pengorbanan dalam mendidik kami , hanya Allah kiranya yang dapat membalas.
          Buat madrasah kami yang tercinta . engkau bagaikan sekuntum bunga yang tumbuh subur di tengah Hamparan  padang tandus .Kau berikan bias harum mu  hingga kesegaran itu akan tetap terbawa dalam iringan langkah perpisahan ini.
Dan  terkhusus buat adik-adik kami MI dan MTs. kalian lah nanti yang akan menggantikan posisi kami  di tangan kalianlah  nanti tongkat estafet dalam ber kompetisi untuk meraih prestasi yang gemilang , prestise yang cemerlang . jadilah anak manis yang  selalu di sayang guru-guru kami , guru-guru kita .
           
            Adik adik sekalian.
            Sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tidak dapat diputar kembali. Sebelum  kita menyesal karena telah menyianyiakan masa Sekolah kita tanpa mengalami satu hal yang berharga. Oleh karena itu, buatlah kenangan sebanyak-banyaknya! Lakukanlah apa yang ingin kita lakukan! Katakanlah apa yang ingin kita katakan!
Katakanlah kepada guru yang terlalu kaku dalam mengajar agar lebih santai dan tenang.
Katakanlah kepada kawan-kawan cewe brisik yang merasa sok cantik dan popular. Bahwa otak lebih penting dibanding penampilan.
Katakanlah kepada rekan-rekan cowo untuk lebih percaya diri dan berjiwa tanggung jawab.

Ada sebuah kutipan dari film Cinta Pertama dimainkan oleh Bunga Citra Lestari dan Joshua Benjamin bahwa pertemuan tidak ada yang kekal. Tapi saya percaya, seperti pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang abadi! Jangan lupakan hal-hal yang berharga. Kami telah ada selama tiga tahun atau bahkan 9 tahun di sini. Maka simpanlah  kenangan telah terlukis di hati kita semuaaa ..

Jabatlah tangan ku kan kujabat pula tangan mu  moga dengan itu kan terhapus segala duka ,kan sirna segala dendam dan  sakit hati, semoga yang tinggal hanya kelapangan jiwa . Selamat berpisah kawan. Teriring harap bahwa Tuhan selalu memberkahi kebersamaan kita. Dan menuliskan sebuah takdir, Berjumpa dilain saat. 





SAMBUTAN SISWA YANG DITINGGALKAN


Yth. ….
Yth, Kakak kami kelas tiga dan adik kelas 1 dan 2 yang sebentar lagi akan meninggalkan

Pertama-tama  sebagai muslim  mari kita panjatkan puji  kesyukuran kita  kepada Allah  Tuhan yang maha mengatur segalanya, tuhan yang mengatur   nafas, detakan jantung hingga mengatur alur kehidupan kita. Kadang gembira,  namun diwarnainya dengan kesedihan , kadang tawa namun tangis datang menjelang. Kadang dijadikannya satu pertemuan namun dilain saat  dicobanya dengan perpisahan.

          Bukankah Rasulullah SAW yang shalawat dan salam seluruh alam selalu tercurah pada beliau juga mengalami hal yang serupa   ?

          Bapak,  ibu,  kaka serta rekan siswa …….

Tempat ini, serta seluruh yang hadir  didalamnya  barangkali akan menjadi saksi bahwa hari ini  kakak akan resmi menjadi  Alumnus Keluarga Besar madrasah ini , kakak akan resmi  meninggalkan kami sebagai mitra   belajar.
Berat memang,  terutama bagi kami adik-adikmu yang masih mengharapkan bimbinganmu, mengharapkan teladanmu.

Kaka………
Bertahun-tahun kita telah  menjalani kebersamaan  indah sekali rasanya saat itu. Kita belajar bersama, bercanda bersama,  bermain juga bersama, hingga hampir separoh  aktivitas keseharian  kita jalani bersama. Pahit, manis  selama menuntut ilmu  seakan  justru menambah  semangat  kami . itu karena kami bersama kaka. Kami adik-adikmu seakan dimanja,
Dulu……
Jika ada kesalahan kami akan selalu aman.
Karena  kakaklah yang pertama akan menjadi sasaran.
Dulu……
Jika ada tugas-tugas kami akan selalu dapat yang ringannya
Dulu….
Tapi sekarang kakak akan meninggalkan kami dengan mewariskan beban tanggung jawab yang segitu besar. kamilah nanti yang diharuskan  mewarisi kedewasaanmu, meneruskan kepemimpinanmu, meneruskan perjuangan-perjuangan  dan kesuksesanmu dalam mengharumkan madrasah yang kita cintai ini. Berat memang terutama  bagi kami adik-adikmu  yang  masih mengharapkan semua bimbingan tersebut.

Kami tak ingin  menangis , tapi mata ini rasanya perih dengan air mata. Untaian kata dan syair perpisahan seakan tak mampu  mewakili keharuan dan getaran hati kami .

Bapak, ibu, rekan siswa sekalian  dan terutama  buat kakak kami .
Saya mewakili seluruh adik-adik kelas   dengan segala ketulusan yang ada pada diri kami, tak lupa mohon maaf  jika sekiranya didalam masa-masa kebersamaan kita ada hal-hal yang membuat kaka  kecewa dan sedih  kadang kami nakal ,  juga sering membuat kakak marah.  Kami yakin apapun yang kakak lakukan pada kami . Kami yakin semua itu terdorong  karena  rasa ingin membuat kami menjadi pribadi-pribadi yang baik.
Begitupun sebaliknya  Kami telah  memaafkan  kaka jikapun ada   kekeliruan yang pernah kaka lakukan pada kami.

Terakhir kami berharap. Agar kiranya kaka jangan melupakan kami . jangan melupakan bahwa disini kita  pernah menggores kenangan  yang begitu indah,  jangan melupakan bahwa kalian pernah punya adik-adik yang mengagumimu. Jangan lupakan  walaupun kita  barangkali telah  dipisahkan oleh   dimensi ruang dan waktu.

Kami ucapkan selamat jalan  teriring lambaian perpisahan disini….
Digerbang ini…
Tatap dan raihlah masa depanmu, jadilah generasi terbaik. Yang akan mengharumkan  citra  bangsa ,negara  serta agama.

          Selamat berpisah kakak….selamat berpisah
          Wassala…….




Tidak ada komentar:

Posting Komentar